Berikut 11 Spesies Mamalia Terkecil yang Sangat Menggemaskan di Dunia



Berikut 11 Spesies Mamalia Terkecil yang Sangat Menggemaskan di Dunia - Meskipun ukuran kecil mungkin tampak seperti sifat yang sedikit, di dunia biologis itu bisa datang dengan beberapa keuntungan besar. Mamalia kecil dapat menempati ceruk ekologis yang tidak dapat diakses oleh hewan yang lebih besar, dan kerangka mungilnya membuatnya lebih mudah untuk bersembunyi tanpa terdeteksi, menggali celah kecil atau memanjat ranting pohon yang paling tipis.
Inilah daftar beberapa mamalia terkecil di dunia.

Etruscan shrew


Ada sejumlah shrews kecil, tetapi pipsqueak ini mengambil kue sebagai yang terkecil. Faktanya, tikus Etruscan adalah mamalia terkecil di dunia berdasarkan massa. Rata-rata beratnya kurang dari 2 gram, dan memiliki panjang tubuh sekitar 4 sentimeter. Namun, untuk hewan sekecil ini, ia memiliki nafsu makan besar yang biasanya ia makan sekitar dua kali berat tubuhnya sendiri setiap hari!

Jerboas


Untuk ukurannya, mamalia yang sangat kecil ini pasti bisa melompat. Jerboas memiliki kaki seperti kangguru yang memungkinkan mereka melompati jarak yang jauh melebihi panjang tubuh mereka, adaptasi yang membantu mereka bergerak cepat melintasi padang pasir yang luas dan gersang yang mereka sebut rumah. Meskipun jerbo mirip dengan kanguru mini, mereka sebenarnya tidak terkait dengannya. Faktanya, mereka adalah tikus. Spesies terkecil adalah pygmy jerboa, yang juga merupakan hewan pengerat terkecil di dunia.

Bumblebee bat


Bumblebee kelelawar, juga dikenal sebagai kelelawar berhidung babi Kitti, adalah kelelawar terkecil di dunia dan mamalia terkecil di dunia berdasarkan ukuran tengkorak. Beratnya hanya sekitar 2 gram, itu sangat kecil sehingga Anda mungkin benar-benar bingung untuk bumblebee jika pergi berdengung di telinga Anda di malam hari.

Sayangnya, ukurannya yang halus juga menunjukkan status biologisnya. IUCN membuat daftar hewan tersebut sebagai hewan yang rentan, dan beberapa populasi yang bertengger beresiko punah karena aktivitas manusia.

Mouse lemurs


Makhluk menggemaskan ini adalah primata terkecil di dunia, berukuran sekitar 27 sentimeter panjang termasuk ekornya. Spesies terkecil adalah lemur tikus Nyonya Berthe, yang ukurannya hanya sekitar 10 sentimeter dan beratnya hanya sekitar 30 gram, yang berarti ia dapat dengan mudah masuk ke telapak tangan.

Least weasel


Musang kecil yang cekatan dan bijak ini adalah spesies terkecil dari ordo Carnivora, menjadikannya karnivora sejati terkecil di dunia. Beratnya di bawah 50 gram, Mungkin sulit untuk membayangkan sesuatu yang begitu kecil menjadi pemburu yang pintar, tetapi musang yang lebih kecil adalah mimpi terburuk dari tikus kecil yang ditemui. Mereka juga dikenal memiliki "kompleks orang kecil," sering menunjukkan kepribadian yang jauh lebih besar, lebih ganas daripada ukuran kecil mereka mungkin menyarankan.

Pygmy possum


Berukuran panjang antara 5 dan 10 sentimeter dan sering berbobot hampir 10 gram, marsupial mini ini ditemukan tergantung terbalik di pohon-pohon di Australia dan Papua. Mereka sangat kecil dan sangat sulit dikenali sehingga spesies baru pygmy possum baru ditemukan pada 2007.

African pygmy mouse


Tikus mudah dikenali dari ukurannya yang kecil, tetapi tikus kerdil Afrika mengambil sifat itu secara ekstrim. Berukuran di bawah 7 sentimeter panjangnya dan seringkali beratnya kurang dari 10 gram, itu adalah tikus terkecil di dunia. Bahkan, itu sangat kecil sehingga biasanya menghidrasi sendiri hanya dengan menjilat embun dari kerikil kecil yang cerdik tumpukan di depan liangnya.

Pygmy marmoset


Kadang-kadang disebut sebagai "monyet saku" karena mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam saku dada Anda, hewan menggemaskan, aneh yang berasal dari hutan hujan Amazon adalah monyet terkecil di dunia. Sulit membayangkan seekor monyet menjadi lebih kecil; marmoset kerdil jarang menunjukkan panjang lebih besar dari sekitar 15 atau 16 sentimeter, dan orang dewasa biasanya memiliki berat di bawah 140 gram. Karena itu, makanan mereka terdiri dari serangga. Mereka juga hidup lama mengingat ukuran mereka, terkadang mencapai usia lebih dari 20 tahun di penangkaran.

Ahli biologi evolusi dari Universitas Salford merilis sebuah penelitian pada Februari 2018 yang mengumumkan marmoset kerdil sebenarnya adalah dua spesies yang berbeda: satu yang hidup di wilayah Sungai Amazon utara dan yang lain di selatan. "Keindahan genomik berarti bahwa kita sekarang dapat melihat marmoset kerdil adalah istilah untuk dua spesies yang telah berevolusi secara independen selama hampir 3 juta tahun," kata Profesor Jean Boubli dalam Science Daily.

Long-tailed planigale


Anda mungkin mengatakan bahwa "planigale" adalah bahasa Australia untuk "kecil". Orang-orang kecil ini, asli dari tanah di bawah, adalah marsupial terkecil di dunia. Ukuran kecil mereka dicontohkan oleh kepala rata mereka, yang biasanya seperlima sedalam mereka lebar. Adaptasi ini memungkinkan planigales untuk masuk ke celah-celah dan retakan mamalia lain yang tidak mungkin ditemukan. Beratnya di bawah 5 gram dan mencapai panjang rata-rata di bawah 60 milimeter.

American shrew moles


Spesies mol terkecil di dunia adalah tahi lalat Amerika, mamalia kecil berukuran di bawah 5 sentimeter dan beratnya hanya sekitar 10 gram. Ditemukan di Northwest AS dan British Columbia Kanada, penghuni bawah tanah yang menggemaskan ini memiliki cakar depan yang lebih kecil daripada kebanyakan tahi lalat lainnya, sifat yang mirip dengan tikus.

Tree shrews


Tidak menjadi bingung dengan shrews sejati atau shrews gajah, shrews pohon adalah sekelompok mamalia yang dipisahkan. Faktanya, mereka nampak berhubungan erat dengan primata, meskipun tidak ada catatan fosil yang jelas tentang tikus hutan. Mereka pasti punya otak untuk ditunjukkan; shrews pohon memiliki rasio otak-ke-tubuh-massa yang lebih besar daripada manusia. Tikus pohon terkecil di dunia adalah tikus ekor pohon, yang beratnya hanya 25 gram dan ukurannya tidak lebih dari 10 sentimeter.

Comments

Popular posts from this blog

Fakta Tentang Kelelawar yang Menjadi Mamalia yang Memiliki Sayap dan Bisa Terbang

Fakta Tentang Ikan Paus yang Menjadi Mamalia Laut Terbesar di Dunia

Berikut 13 Hewan Mamalia Terbesar yang Masih Hidup Sampai Saat ini di Dunia